DAFTAR NAMA BAYI ANAK (LAKI – LAKI ATAU PEREMPUAN) TERBAIK, TERINDAH

KAIDAH PEMBERIAN NAMA BAYI ANAK LAKI – LAKI ATAU PEREMPUAN TERBAIK, TERINDAH MENURUT ISLAM


Bismillah....

Bagi sebagian orang, nama tidaklah begitu penting untuk diperbincangkan. “Apalah arti sebuah nama”, itulah ungkapan yang sering kita dengar manakala ada orang yang mengkritisi pemberian nama yang kurang baik kepada seseorang atau anaknya. Padahal dalam islam, nama merupakan perkara yang sangat penting, bahkan nama merupakan do’a terhadap orang yang menggunakannya.

Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Sesungguhnya kamu akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama kamu dan nama ayah - ayahmu. Maka perbaguskanlah nama-nama kamu” [HR. Abu Dawud no. 4948, Ad-Daarimiy no. 2736, Al-Baihaqi 9/306).

Ulama telah bersepakat akan wajibnya memberikan nama kepada orang laki – laki maupun kepada orang perempuan (wanita) (lihat Maraatibul-Ijma’, hal. 153). Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam pemberian nama kepada bayi atau anak baik perempuan maupun laki – laki, diantaranya adalah :

1. Nama sebaiknya diambilkan dari nama orang orang yang terkenal dengan kesholehannya seperti nama para nabi (rosul), para sahabat nabi, para ulama serta orang orang shidiq lainnya dengan tujuan agar lebih mendekatkan diri kepada Allah dengan mencintai nama – nama yang dicintai Allah (waliyullah) yang telah menghidupkan agama Allah.

2. Nama sebaiknya tidak terlalu panjang, mudah diingat, dan mudah dilafadzkan.

3. Memiliki arti yang baik sesuai dengan kondisi orang yang bersangkutan dalam derajat, agamanya maupun martabatnya.

NAMA NAMA BAYI ANAK (LAKI – LAKI ATAU PEREMPUAN) YANG DI LARANG DALAM AGAMA ISLAM


Ada beberapa kaidah yang telah dirumuskan oleh para ulama dalam pemberian nama kepada bayi atau anak. Hal ini perlu diketahui oleh para orang tua khususnya, agar mereka



terhindar dari pemberian nama yang dilarang oleh agama. Adapun pemberian nama kepada anak yang dilarang (baik larangan haram maupun makruh) oleh agama adalah :

1. Para ulama dan kaum muslimin telah sepakat diharamkannya memberi nama bayi atau anak dengan nama yang bermakna “penghambaan” kepada selain Allah. Nama – nama yang dimaksud seperti Abdur Rasul yang artinya hamba Rasul, Abdul ‘Uzza yang bermakna hambanya patung Al-‘Uzza (nama patung yang disembah pada jaman jahiliyah), atau Abdus Syamsu yang berarti hamba Matahari dan sebagainya.

2. Islam juga melarang pemberian nama bayi atau anak dengan nama – nama Allah subhanahu wa ta’ala seperti kholiq, Rahim, Rohman dan nama – nama Allah yang Maha Agung lainnya.

3. Islam juga melarang memberi nama anak dengan nama – nama orang – orang kafir seperti abu jahal, abu lahab, fir’aun dan orang – orang kafir lainnya yang ada pada jaman sekarang.

4. Dilarang memberi nama dengan makna memuji diri sendiri (tazkiyyah) seperti Barrah yang memiliki arti wanita baik dan terpuji atau Mubaarak yang berarti orang yang diberkahi. Karena boleh jadi orang yang mempunyai nama tersebut tidak seperti makna yang terkandung pada namanya.

Dari Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu : Bahwasannya Zainab dulu bernama Barrah. Maka pernah dikatakan padanya : “Ia telah men-tazkiyyah-i (menganggap suci) dirinya sendiri”. Maka Rasulullah shalallaahu ‘alaihi wa sallam merubah namanya menjadi Zainab (HR. Al-Bukhari no. 6192, Muslim no. 2141).

Rosulullah juga bersabda “Sesungguhnya nama yang paling dibenci Allah ialah orang yang bernama Malakul Amlak ” (HR. Bukhori & Muslim).

Keterangan : malakul amlak artinya raja diraja.

5. Dilarang memberi nama anak atau bayi dengan nama syaithon.

6. Dilarang memberi nama dengan nama orang orang yang terkenal jahat atau fasiq.

7. Dilarang memberi nama dengan nama yang memiliki makna perbuatan buruk.

8. Dilarang memberikan nama anak dengan nama hewan yang sudah dikenal buruk seperti anjing, babi, keledai dan sebagainya.

9. Dilarang memberikan nama bayi anak dengan nama ganda seperti ahmad Muhammad, atau dibalik Muhammad ahmad, Muhammad sa’iid dan sebagainya.

10. Dilarang memberikan nama dengan nama – nama yang bermakna hawa nafsu seperti Ahlaam yang berarti impian, Nihaad yang berarti gadis yang buah dadanya montok, Wishaal yang memiliki arti bersenggama, Faatin yang berarti mempesona, Syaadiyah atau Syaadiy yang berarti biduanita atau penyanyi dan lain sebagainya.

DAFTAR NAMA BAYI ATAU ANAK (PEREMPUAN & LAKI – LAKI) PALING BAIK, PALING INDAH DAN DISUNNAHKAN


Pemberian nama bayi atau anak yang dilarang agama telah kita ketahui bersama, selanjutnya nama – nama apa sajakah yang merupakan nama - nama yang disunnahkan untuk diberikan kepada anak kita? Berikut beberapa kriteria (kaidah) nama – nama yang disunnahkan, yang terbaik dan terindah untuk anak - anak kita :

Daftar nama bayi anak laki - laki atau perempuan terbaik, terindah, paling bagus menurut Islam

1. Daftar nama bayi atau anak (laki – laki) terbaik, terindah pertama adalah Abdullah dan Abdurrahman


Hal ini berdasarkan hadits dari rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda : ““Sesungguhnya nama yang paling dicintai Allah adalah Abdullah dan Abdurrahman.” (HR. Muslim). Kedua nama tersebut merupakan nama terbaik untuk diberikan kepada anak anak kita. Hal ini terbukti, setidaknya tercatat ada sekitar 300 sahabat nabi yang menggunakan nama Abdullah.

2. Daftar nama bayi atau anak (laki – laki) terbaik, terindah kedua adalah nama yang bermakna penghambaan kepada Allah Azza wa jalla


Nama – nama tersebut seperti antara lain : Abdul ‘Aziz, Abdul Bashiir, Abdul Malik dan sebagainya.

Sebagian orang menggunakan dalil berdasarkan hadits “Sebaik-baik nama adalah yang dimulai dengan kata “Abd” dan yang mempunyai makna dipuji”. Akan tetapi perlu diketahui bahwa hadits di atas tidak jelas asal usulnya dari mana, dan para ulama tidak menggolongkan hadits tersebut di atas ke dalam hadits – hadits shohih.

3. Daftar nama bayi atau anak (laki – laki) terbaik, terindah ketiga adalah nama yang menggunakan nama para Nabi dan Rosul


Nama nama tersebut misalnya : Muhammad, Isa, Musa, Ibrahim, Ismail, Ishak, Ya’kub, Yahya, Nuh, Sholeh, Harun, Yusuf, Yunus, Adam dan lain lain. Pemberian nama sebagaimana tersebut di atas dimaksudkan agar bayi atau anak yang diberikan nama seperti nama nama para nabi tersebut dapat mengenang perjuangan dan berusaha meniru karakter teladan para Nabi dan Rosul.

4. Daftar nama bayi atau anak (perempuan & laki – laki) terbaik, terindah keempat adalah nama yang menggunakan nama orang – orang sholeh


Nama – nama yang dimaksud adalah orang – orang sholeh terdahulu seperti para sahabat nabi (baik laki laki maupun perempuan) dan para ulama tsiqoh.

Nama nama itu antara lain Abu Bakar, Umar, Utsman, Ali, Aisyah, Siti Asiyah (wanita mukmin istri fir’aun), khatijah, Khaulah, Nailah, Nusaibah, asyyafi’i dan lain lain.

Dalil tentang itu adalah hadits nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Mereka dahulu senang menggunakan nama para nabi & orang-orang sholeh yang hidup sebelum mereka.” (HR. Muslim).

5. Daftar nama bayi atau anak (perempuan & laki – laki) terbaik, terindah kelima adalah nama yang memiliki makna sifat sesuai dengan kondisi orangnya


Perlu dicatat dan digarisbawahi bahwa nama tersebut tidak mengandung makna memuji diri sendiri (tazkiyyah). Nama – nama yang disunnahkan yang dimaksud adalah seperti Harits yang memiliki arti orang yang berusaha, Hammam yang berarti orang yang mempunyai keinginan sangat kuat dan sebagainya.

Demikianlah beberapa tips dalam memberikan nama bayi atau anak kita yang baik, bagus, indah dan tentunya sesuai dengan sunnah. Semoga bermanfaat. Baca juga artikel kami yang lain :”Daftar Nama & Top Negara Terkaya Di Dunia, Pendapatan Perkapita (PDB) Tertinggi (Terbaru)”. (Diambil dari berbagai sumber)

Contact Form

Name

Email *

Message *