DAFTAR NAMA & JENIS – JENIS VITAMIN BESERTA MANFAAT DAN FUNGSI BAGI TUBUH MANUSIA

NAMA NAMA DAN JENIS VITAMIN BESERTA MANFAAT – NYA UNTUK KESEHATAN TUBUH


Bismillah...

Kata vitamin berasal dari bahasa latin yaitu vita yang berarti hidup dan amina yang memiliki arti gugus organik yang mempunyai atom nitrogen, sebagaimana pengertian awal tentang vitamin. Namun seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, maka pengertian vitamin sedikit bergeser, setelah diketahui ternyata banyak vitamin yang tidak mempunyai atom nitrogen. Sehingga vitamin bisa diartikan sebagai senyawa organik yang dibutuhkan oleh tubuh yang berfungsi membantu proses metabolisme tubuh. Meski dibutuhkan oleh tubuh, namun sayang, vitamin tidak dapat dihasilkan oleh tubuh itu sendiri. Sehingga untuk mencukupinya, seseorang harus mengkonsumsi asupan asupan makanan yang banyak mengandung vitamin yang dibutuhkan. Memang, kadar vitamin yang diperlukan tubuh tidaklah banyak, namun jika tubuh sampai kekurangan salah satu vitamin, maka metabolisme tubuh akan terganggu, sehingga berpotensi besar terserang berbagai macam penyakit sesuai kadar jenis vitamin yang kurang tercukupi tersebut. Dan gangguan kesehatan akibat kekurangan vitamin ini biasa dinamakan dengan Avitaminosis.

MANFAAT VITAMIN DAN FUNGSINYA BAGI KESEHATAN TUBUH MANUSIA


Pada dasarnya, vitamin bisa digolongkan ke dalam 2 golongan. Pertama, vitamin yang larut dalam air. Vitamin jenis ini hanya ada 2, yaitu vitamin B dan vitamin C. Vitamin jenis ini biasanya hanya disimpan dalam jumlah yang sedikit. Setelah makanan yang mengandung vitamin ini dicerna tubuh, maka vitamin akan terlepas, dan beredar ke seluruh tubuh bersama aliran darah. Dan jika tubuh sudah tidak membutuhkan vitamin jenis ini, maka vitamin akan dibuang melalui urin. Kebutuhan tubuh akan vitamin jenis ini bersifat sedikit, namun kontinyu (terus menerus). Kedua, vitamin yang larut dalam lemak. Jenis jenis vitamin yang larut dalam lemak meliputi vitamin A, D, E dan vitamin K. Vitamin jenis ini akan disimpan dalam jaringan adipose dan di dalam hati. Beberapa jenis vitamin hanya bisa disimpan dalam tubuh untuk kurun waktu beberapa hari saja, sedangkan vitamin jenis lainnya ada yang sampai bertahan hingga 6 bulan. Vitamin jenis ini (yang larut dalam lemak) akan diedarkan ke seluruh tubuh, apabila tubuh membutuhkannya. Itulah ke dua golongan vitamin yang bisa kami paparkan kepada anda. Untuk lebih merinci manfaat dan fungsi masing masing jenis vitamin, berikut kami sajikan kepada anda, daftar nama dan jenis jenis vitamin beserta manfaat dan fungsinya bagi tubuh manusia.

Daftar nama & jenis jenis vitamin beserta manfaat dan fungsi bagi tubuh manusia

1. Pertama, Fungsi Vitamin A Bagi Tubuh Manusia


Vitamin A sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain untuk kesehatan mata, vitamin A juga membantu membentuk sistem kekebalan dan daya tahan tubuh serta bermanfaat bagi kesehatan kulit. Vitamin A banyak terdapat pada buah buahan (seperti pisang, pepaya), hati, margarin, ginjal dan sayur mayur seperti wortel dan cabai merah. Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan beberapa gagguan kesehatan mata seperti katarak, rabun senja, kerusakan kornea mata atau biasa disebut Keratomalacia, serta Hyperkeratosis. Vitamin A memiliki nama lain (biokimia) yaitu Retinal, Retinol, dan Carotenoids

2. Kedua, Fungsi Vitamin B1 Bagi Tubuh Manusia


Selain penyakit beri beri, kekurangan vitamin B1 juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan,(susah BAB), kulit menjadi kering dan bersisik serta daya imunitas tubuh melemah. Fungsi lain dari vitamin jenis ini yaitu untuk memperbaiki system syaraf dan jantung. Vitamin B1 banyak kita jumpai pada kacang kacangan (seperti kacang kedelai, kacang hijau), susu, daging, ayam, ikan tanpa lemak, tepung. Nama lain (biokimia) dari vitamin B1 adalah Thiamine

3. Ketiga, Fungsi Vitamin B2 Bagi Tubuh Manusia


Sedangkan untuk vitamin B2 yang memiliki nama lain (biokimia) Riboflavin, selain bermanfaat untuk pencegahan kepekaan mata terhadap sinar atau cahaya, juga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit dan pertumbuhan pada jaringan tubuh manusia. Karena jika tubuh manusia sampai kekurangan vitamin B2, maka bisa mengakibatkan kulit menjadi kering dan bersisik, bibir kering dan pecah pecah, kekebalan tubuh melemah serta penyakit penyakit lainnya seperti Penyakit Ariboflavinosis dan sebagainya. Vitamin B2 memiliki nama lain (biokimia) yaitu Riboflavin






4. Keempat, Fungsi Vitamin B3 Bagi Tubuh Manusia


Memiliki nama lain (biokimia) yang disebut dengan Niaci atau Niacinamide, vitamin B 3 sangat bermanfaat bagi pertumbuhan sistem syaraf dan membantu mengubah makanan menjadi energi. Vitamin jenis ini biasa kita temui pada roti, ayam, susu, ikan tuna dan ikan salmon, telur serta pada sayur sayuran hijau seperti asparagus dan brokoli. Kekurangan vitamin B3 bisa mengakibatkan nafsu makan berkurang dan penyakit yang ditimbulkannya (seperti penyakit Pellagra), tubuh lemas, ingin muntah (mual mual), serta otot mudah mengalami kram atau kejang.

5. Kelima, Fungsi Vitamin B5 Bagi Tubuh Manusia


Pantothenic acid atau Asam Pantotenat adalah nama lain (biokimia) dari vitamin B5. Vitamin jenis ini berfungsi memproduksi senyawa asam lemak, sterol dan juga hormon tubuh. Selain itu, vitamin B5 juga ikut berperan dalam pemecahan nutrisi makanan (khususnya lemak) serta membantu menjaga kelancaran komunikasi system saraf dan otak pada tubuh. Orang yang kekurangan vitamin B5 biasanya akan mengalami insomnia (susah tidur), otot mudah kram, kulit menjadi lebih kering dan bersisik serta mudah terserang Penyakit Paresthesia. Untuk memenuhi tambahan asupan makanan yang mengandung vitamin B5, kita bisa mengkonsumsi daging, brokoli dan sayur sayuran hijau lainnya.

6. Keenam, Fungsi Vitamin B6 Bagi Tubuh Manusia


Vitamin B6 atau nama lainnya (biokimia) adalah Pyridoxine (Pridoksin) merupakan salah satu vitamin yang sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Karena, selain penting untuk sel-sel darah merah dan sistem saraf pada tubuh kita, vitamin B6 juga berperan penting untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Bukan itu saja, vitamin B6 juga merupakan salah satu jenis vitamin yang berfungsi dalam membantu memproduksi antibody pada tubuh kita. Kekurangan vitamin B6 bisa mengakibatkan gangguan pada sistem saraf serta tubuh berpotensi kekurangan darah atau yang biasa disebut dengan istilah anemia. Vitamin B6 bisa kita temukan pada sejumlah sayur sayuran dan kacang kacangan serta daging dan juga pisang.

7. Ketujuh, Fungsi Vitamin B7 Bagi Tubuh Manusia


Nama biokimianya adalah Biotin. Ya..vitamin yang satu ini sangat membantu memperlancar reaksi biokimia seperti transfer karbondioksida dan proses metabolisme karbohidrat dan lemak. Orang akan mudah terserang penyakit anemia, penyakit Dermatitis, nusea, depresi, Enteritis serta mengalami rambut rontok apabila kekurangan vitamin jenis ini. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin B7 ini, seseorang bisa mengkonsumsi kacang kacangan dan gandum, ragi, pisang, kuning telur, ataupun daging.

8. Kedelapan, Fungsi Vitamin B9 Bagi Tubuh Manusia


Selain membantu dalam proses metobolisme protein serta pembentukan sel sel darah merah, vitamin B9 atau kalau dalam istilah biokimianya disebut dengan Folic acid (Asam Folat), juga berperan dalam pencegahan janin agar tidak mengalami kecacatan. Selain itu, vitamin B9 juga membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Untuk mencegah dampak dari kekurangan vitamin B9, seperti cacat pada janin, maka sangat dianjurkan untuk banyak banyak mengkonsumsi kacang polong, bayam, kentang, biji bunga matahari, telur, hati serta buah buahan seperti tomat atau jeruk.

9. Kesembilan, Fungsi Vitamin B12 Bagi Tubuh Manusia


Hampir sama dengan vitamin B lainnya, vitamin B12 juga berfungsi mencegah penyakit kurang darah sekaligus menjaga kesehatan system saraf. Kekurangan vitamin ini selain beresiko terkena penyakit anemia, juga mengakibatkan badan gampang lelah. Untuk itu, bagi yang bermaksud memenuhi kebutuhan vitamin yang memiliki nama lain Cyanocobalamin, hydroxycobalamin, atau methylcobalamin ini, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi susu, telur, daging terutama bagian hati.

10. Kesepuluh, Fungsi Vitamin C Bagi Tubuh Manusia


Vitamin yang satu ini memiliki nama (biokimia) Ascorbic acid (Asam Askorbat). Namanya sangat familier di telinga kita. Seringkali apa bila bibir mengalami pecah pecah, kita langsung mengatakan bahwa hal tersebut dipicu oleh kurangnya asupan makanan yang mengandung vitaminC. Namun tahukah anda, bahwa kekurangan vitamin C, bukan hanya mengakibatkan bibir pecah pecah saja, namun juga bisa menyebabkan penyakit penyakit lainnya seperti kudis, sariawan maupun anemia (kurang darah). Selain itu badan juga mudah sekali mengalami kelelahan. Adapun fungsi vitamin C bagi tubuh, selain meningkatkan daya tahan tubuh, juga berperan penting dalam pembentukan sel sel tubuh dan pembuluh darah serta sangat diperlukan untuk kesehatan gusi, gigi dan tulang. Vitamin C banyak dijumpai pada makanan buah buahan seperti jeruk, Strawberry, tomat, susu, mentega dan juga ikan.

11. Kesebelas, Fungsi Vitamin D Bagi Tubuh Manusia


Apakah anda pernah melihat seorang ibu menggendong bayinya untuk dijemur di tengah terik matahari pada waktu pagi? Tentu sering bukan? Ya…hal itu dilakukan oleh sang ibu bukan untuk tujuan lain, melainkan agar si buah hati bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari pagi. Karena tubuh kita sangat memerlukan vitamin ini, yang dalam nama biokimianya disebut Cholecalciferol, Ergocalciferol (Kalsiferol). Selain untuk kesehatan tulang dan gigi, vitamin D juga sangat berperan penting membantu tubuh dalam menggunakan Kalsium dan Phospor, serta bisa mencegah terjadinya penyakit rahkitis dan Osteomalasia. Kekurangan vitamin ini juga bisa mengakibatkan penyakit diabetes. Vitamin D banyak terdapat pada kedelai, udang, ikan, telur, jamur dan hati.

12. Keduabelas, Fungsi Vitamin E Bagi Tubuh Manusia


Berbeda lagi dengan vitamin E. Vitamin dengan nama Biokimia Tocopherols, Tocotrienols ini memiliki manfaat yang sangat penting untuk fungsi darah, menjaga kesehatan kulit dan mata, serta mencegah kelebihan asam lemak dalam tubuh. Oleh sebab itu bagi yang memiliki gangguan kesehatan pada kulit, saraf, otot serta kemandulan sangat disarankan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E ini yang banyak terdapat pada gandum, lettuce, kuning telur, ikan, padi padian serta minyak sayur.

13. Ketigabelas, Fungsi Vitamin K Bagi Tubuh Manusia


Dan terakhir adalah vitamin K. Vitamin dengan nama biokimia Phylloquinone, Menaquinones ini berperan menurunkan resiko terserang penyakit osteoporosis (pengeroposan tulang), diabetes, membantu dalam proses metabolisme tubuh serta dapat menekan proses pendarahan karena pemakaian antibiotik secara berlebihan. Selain itu, kekurangan vitamin K bisa menghambat pembekuan darah. Dan makanan yang banyak mengandung vitamin K diantaranya adalah buah kiwi, avocado, peterseli serta sayur sayuran yang berdaun hijau lainnya.

Demikianlah daftar nama dan jenis jenis vitamin beserta manfaat dan fungsinya bagi tubuh manusia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika berminat, baca artikel menarik kami lainnya "Daftar Nama, Jenis Masakan Yang Khas & Tempat Wisata Kuliner Paling Terkenal Di Jogja"

Contact Form

Name

Email *

Message *