DAFTAR NAMA NAMA BULAN DALAM KALENDER HIJRIYAH (QOMARIYAH) & ARTI NYA

NAMA NAMA BULAN DALAM PENANGGALAN KALENDER HIJRIYAH BESERTA ARTI NYA

Bismillah...

Sebagai seorang muslim, sudah semestinya kita senantiasa mencintai sunnah sunnah Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam dan para sahabat beliau. Dan sebaliknya, kita diperintahkan untuk menyelisihi kebiasaan kebiasaan orang orang kafir. Kita mesti melestarikan tradisi tradisi Islam yang telah dibangun oleh para pendahulu kita dan menjadikannya pilihan serta meninggalkan cara cara yang dipakai oleh orang orang jahiliyah yang hingga kini masih banyak menghantui para generasi muda kita. Peringatan tahun baru, valentine day, april mop dan beberapa acara serupa lainnya terus meracuni otak otak kawula muda dari kalangan kaum muslimin yang masih kurang dalam pemahaman agama. Akibatnya sedikit demi sedikit pemahaman dan pola pikir mereka berubah menjadi lebih liberal dan bahkan belakangan ini justru banyak diantara mereka yang mulai berani menyerang dan mengkritisi nilai nilai Islam yang telah sempurna ini. Dan tidak jarang dari mereka yang justru lebih tertarik dan mangagumi tokoh tokoh dari kalangan orang orang non muslim dibanding dengan tokoh tokoh kaum muslimin itu sendiri. Mereka lebih mengenal albert Einstein dari pada Alfarabi, mereka lebih mengidolakan august comte daripada Imam Al - Ghozali, mereka lebih menyukai Stephen hawking daripada Muhammad bin Musa al-Khawarizmi dan mereka lebih banyak mengenal sosok Columbus daripada sosok Ibnu Batutah sang penjelajah. Dan yang tak terbantahkan lagi, mereka lebih hafal dengan bulan bulan dalam kalender masehi dari pada bulan bulan yang ada dalam kalender hijriyah. Itu fakta !!! Dan untuk itu, pada kesempatan yang baik ini, johorejo.com akan mengenalkan kepada para pembaca budiman, khususnya bagi kalangan kawula muda, mengenai nama nama bulan dalam penanggalan hijriyah beserta artinya yang sekarang mulai banyak dilupakan, agar generasi muda Islam lebih mengenal dan lebih hafal akan nama nama bulan dalam penanggalan hijriyyah, yaitu sebuah sistem penanggalan resmi yang dimiliki oleh kaum muslimin. Syukur – syukur mau menjadikannya sebagai acuan waktu dalam berbagai peristiwa kehidupan sehari hari kita.

Daftar nama bulan dalam penanggalan kalender hijriyah / qomariyah & artinya

DAFTAR NAMA BULAN DALAM SISTEM PENANGGALAN TAHUN HIJRIYAH ATAU QOMARIYAH


Sebenarnya masyarakat Arab telah mengenal kalender qomariyah jauh sebelum Islam datang. Mereka menetapkan setiap tanggal satu untuk bulan bulan qomariyah (hijriyah) dengan cara melihat hilal. Hanya saja mereka belum mengenal angka tahun pada waktu itu. Dan sebagai ukuran atau acuan dalam menentukan tahun, mereka menggunakan



peristiwa peristiwa besar atau bersejarah, seperti tahun gajah (tahun di mana raja abrahah hendak menghancurkan Ka’bah dengan pasukan bergajah), tahun fijar (mengacu pada peristiwa perang fijar), tahun renovasi Ka’bah (mengacu pada renovasi Ka’bah akibat dilanda banjir) dan peristiwa peristiwa penting lainnya. Kejadian itu terus berlangsung hingga kekholifahan Umar Bin Khattab radhiyallahu ‘anhu. Hingga pada suatu saat, Umar radhiyallahu ‘anhu menyurati seorang gubernur yang bernama Abu Musa al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu. Atas surat Kholifah Umar tersebut, Gubernur Abu Musa al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu kemudian membalasnya dengan surat yang bunyinya kurang lebih sebagai berikut : “Telah datang kepada kami beberapa surat dari amirul mukminin, sementara kami tidak mengetahui kapan kami harus menindaklanjutinya. Kami telah mempelajari satu surat yang ditulis pada bulan Sya’ban. Kami tidak tahu, surat itu Sya’ban tahun ini ataukah tahun kemarin.”

Dengan balasan surat itulah maka Umar radhiyallahu ‘anhu pun mengumpulkan para sahabat untuk mendiskusikan acuan tahun yang akan digunakan. Dan singkat kata, hasil musyawarah para sahabat, maka ditetapkan bahwa acuan tahun yang akan digunakan dalam perhitungan tahun qomariyah adalah peristiwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassalam ketika BERHIJRAH dari Makkah ke Madinah, sehingga sistem penanggalannya pun dikenal dengan nama penanggalan HIJRIYAH. Sedangkan untuk nama bulan yang dijadikan bulan pertama dalam kalender hijriyah adalah bulan Muharrom. Itulah kesepakatan para sahabat nabi radhiyallahu ‘anhum. Mulai saat itu, kaum muslimin memiliki kalender resmi, dengan nama kalender hijriyah dengan menetapkan bulan Muharom sebagai bulan permulaan. Dan untuk mengetahui apa saja nama nama bulan yang digunakan dalam kalender hijriyah, berikut kami sajikan daftar nama bulan dalam kalender hijriyah beserta artinya.

1. Daftar Nama Bulan Dalam Kalender Hijriyah & Artinya, Pertama Adalah MUHAROM


Muharom berarti pantangan atau larangan. Artinya, pada bulan itu Bangsa Arab diharamkan berperang atau melakukan pertumpahan darah.

2. Daftar Nama Bulan Dalam Kalender Hijriyah & Artinya, Kedua Adalah SHOFAR


SHOFAR bermakna kosong. Sebagian ada yang mengatakan bahwa penduduk Arab kosong karena mereka banyak berperang atau berdagang meninggalkan rumah rumah mereka. Namun pendapat lain mengatakan bahwa pada bulan itu mereka seringkali memerangi kabilah kabilah, sehingga kabilah kabilah ini menjadi “kosong” harta bendanya.

3. Daftar Nama Bulan Dalam Kalender Hijriyah & Artinya, Ketiga Adalah RABI’ULAWAL


ROBI’ULAWAL berasala dari kata Rabi’ yang berarti menetap dan kata awal yang berarti permulaan atau pertama. Artinya pada bulan itu merupakan bulan bulan permulaan (pertama) menetapnya penduduk laki laki Bangsa Arab setelah meninggalkan kampung halaman untuk berdagang atau berperang.

4. Daftar Nama Bulan Dalam Kalender Hijriyah & Artinya, Keempat Adalah ROBIU’ TSANI


Sebagian orang mengatakan bahwa pada masa masa itu adalah masa di mana penduduk Bangsa Arab menggembalakan binatang ternak di rerumputan. Namun ada sebagian orang lagi yang mengaitkan dengan peristiwa musim semi. Robiu’tsani ini juga disebut dengan Robi’ul Akhir yang memiliki arti bahwa pada bulan itu merupakan masa masa akhir atau penghabisan bagi laki laki Bangsa Arab. Wallohu’alam.

5. Daftar Nama Bulan Dalam Kalender Hijriyah & Artinya, Kelima Adalah JUMADIL ULA


Jumadi ula ini juga bisa disebut Jumadil Awal, di mana terdiri dari kata jumadi yang bermakna kering dan awal yang berarti permulaan atau pertama, jadi Jumadil Awal dikaitkan dengan masa kemarau di mana air air mulai kering.

6. Daftar Nama Bulan Dalam Kalender Hijriyah & Artinya, Keenam Adalah JUMADI TSANIYAH


Jumadi Tsaniyah atau Jumadil Akhir lebih kepada bahwa pada bulan itu merupakan musim kemarau yang mendekati penghabisan atau akhir musim kemarau.

7. Daftar Nama Bulan Dalam Kalender Hijriyah & Artinya, Ketujuh Adalah ROJAB


Rojab bisa diartikan mulia. Bangsa Arab sangat memuliakan bulan ini. Mereka melepaskan tombak tombak tajam mereka yang terbuat dari besi dalam rangka menahan diri dari peperangan atau menumpahkan darah.

8. Daftar Nama Bulan Dalam Kalender Hijriyah & Artinya, Kedelapan Adalah SYA’BAN


Sya’ban sendiri bermakna berkelompok. Sebagian ada yang mengatakan bahwa pada bulan ini adalah bulan di mana orang orang Arab berkelompok untuk mencari nafkah. Dan sebagian lagi berkata bahwa orang orang Arab pada bulan ini memencar mencari sumber air.

9. Daftar Nama Bulan Dalam Kalender Hijriyah & Artinya, Kesembilan Adalah ROMADHON


Romadhon diartikan dengan sangat panas. Artinya pada bulan ini, biasanya bertepatan dengan musim panas di daerah Arab. Dan bulan Romadhon merupakan bulan yang sangat istimewa karena termaktub dalam surat Al – Qur’an. Pada bulan ini, Al Qur’an diturunkan saat malam Lailatul Qodar, Umat Islam diwajibkan untuk berpuasa, Kaum Muslimin meraih kemenangan besar pada Perang Badar Kubro, serta peristiwa peristiwa bersejarah lainnya.

10. Daftar Nama Bulan Dalam Kalender Hijriyah & Artinya, Kesepuluh Adalah SYAWWAL


Syawwal bisa berarti bahagia. Artinya bahwa kaum muslimin merasakan bahagia & merasa kembali suci setelah menjalankan ibadah puasa Romadhon serta menunaikan zakat fitrah. Namun ada yang berpendapat bahwa dinamakan dengan syawwal karena pada bulan ini unta betina mengalami kekurangan air susu.

11. Daftar Nama Bulan Dalam Kalender Hijriyah & Artinya, Kesepuluh Adalah DZULQOIDAH


Dzulqoidah berasal dari kata dzul yang berarti pemilik dan qoidah yang berarti duduk. Artinya bangsa Arab tempo dulu, khususnya kaum lelakinya, pada bulan ini duduk duduk santai di rumah, tidak berperang disebabkan bulan ini merupakan salah satu bulan yang diharamkan untuk berperang.

12. Daftar Nama Bulan Dalam Kalender Hijriyah & Artinya, Kesepuluh Adalah DZULHIJJAH


Dzulhijjah adalah bulan haji karena pada bulan ini kaum muslimin di seluruh penjuru dunia menunaikan ibadah haji ke Baitullah memenuhi panggilan Allah.

Demikianlah daftar nama nama bulan dalam kalender atau tahun hijriyah beserta maknanya yang bisa kami sampaikan. Semoga memberikan manfaat. Baca juga artikel kami yang lain “Daftar Nama Bayi Anak (Laki - Laki Atau Perempuan) Terbaik, Terindah”.

Contact Form

Name

Email *

Message *