DAFTAR NAMA & UKURAN PLANET DALAM SISTEM TATA SURYA KITA DI GALAKSI BIMA SAKTI

NAMA NAMA PLANET BESERTA UKURAN DALAM SISTEM TATA SURYA KITA DI GALAKSI BIMA SAKTI


Bismillah...

Tulisan ini kami tujukan untuk masyarakat luas sebagai wawasan atau ilmu pengetahuan umum, bukan untuk mata pelajaran bagi siswa sekolah …. Karena informasi yang kami terima untuk masalah ini masih sangat dinamis sifatnya, terus berubah ubah, atau bolehlah dikatakan masih simpang siur. Dan tema yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini tidak lain adalah berkenaan dengan planet planet yang ada di tata surya kita yang letaknya ada di galaksi bima sakti. Selamat membaca….

Pada tempo dulu, mata pelajaran geografi kita menyatakan bahwa planet yang ada pada tata surya kita ada berjumlah 9 buah. Namun pada beberapa waktu yang lalu, Pluto, nama planet yang diklaim sebagai planet terkecil, sempat dikeluarkan dari daftar nama nama planet karena ukurannya yang memang sangat kecil bagi sebuah planet. Namun belakangan, berkembang informasi bahwa Pluto kembali dimasukkan ke dalam deretan nama nama planet yang ada pada tata surya kita, sehingga jumlah total keseluruhan planet yang ada di tata surya kita kembali menjadi 9 buah, meski sebenarnya masih ada beberapa bebatuan lain yang menyerupai planet, namun oleh para ilmuwan tidak dimasukkan ke dalam golongan planet. Ketidakpastian dan keterbatasan manusia dalam mempelajari alam raya inilah yang seharusnya menjadi bahan renungan bagi kita, betapa kerdil dan bodohnya kita di hadapan Sang Kholik Yang Maha Menciptakan dan Maha Mengatur seluruh mahluk-NYA dengan sangat baik dan sempurna ini.

Daftar nama & ukuran planet pada sistem tata surya kita di galaksi bima sakti

DAFTAR NAMA & UKURAN PLANET YANG ADA DALAM SISTEM TATA SURYA KITA DI GALAKSI BIMA SAKTI


Tata surya adalah benda benda langit yang tediri dari bintang besar berupa matahari beserta seluruh obyek yang terikat oleh gaya grafitasinya, seperti planet, satelit dan benda benda langit lainnya seperti komet, meteor, asteroid, dan sebagainya. Matahari adalah bintang besar yang merupakan pusat tata surya kita. Sedangkan yang dinamakan dengan planet adalah benda benda langit berukuran besar yang secara periodik bergerak



mengelilingi matahari. Secara umum jumlah planet pada tata surya kita ada 9 buah. Meskipun sebenarnya masih ada benda benda langit lainnya yang bergerak mengelilingi matahari seperti ceres dan 3 lagi bebatuan besar lainnya di belakang Pluto yakni Haumea, Makemake, dan Eris. Jadi jumlah total keseluruhan benda benda langit berukuran besar yang mengelilingi matahari sampai saat ini berjumlah 13 buah. Hanya saja karena ceres, Haumea, Makemake, dan Eris dilihat dari sisi ukuran terlalu kecil, maka ke empat bebatuan tersebut tidak bisa digolongkan ke dalam nama nama planet. Namun jumlah dan ketetapan ini sebenarnya masih bisa berubah sewaktu waktu bergantung pada perkembangan dan dinamika kemajuan ilmu pengetahuan manusia tentang ruang angkasa. Dan untuk mengetahui ke – 9 nama nama planet yang kami maksudkan di atas, berikut kami sajikan daftar nama dan penjelasan dari ke 9 planet yang ada pada tata surya kita :

1. Daftar Nama & Ukuran Planet Di Sistem Tata Surya Kita Yang Pertama Adalah Merkurius


Hampir sama dengan bulan, merkurius banyak memiliki kawah serta tidak memiliki satelit. Planet ini terletak sangat dekat dengan matahari dan memiliki diameter sekitar 4.879km. Kala rotasi planet ini adalah 59 hari dan kala revolusinya 88 hari. Planet Merkurius ini sangat sulit terlihat oleh mata telanjang karena sudut pandangnya dengan matahari kecil, kecuali hanya pada waktu waktu tertentu saja seperti pada saat fajar subuh dan ketika waktu waktu maghrib. Jarak antara planet merkurius dengan matahari adalah 57,9 juta km.

2. Daftar Nama & Ukuran Planet Di Sistem Tata Surya Kita Yang Kedua Adalah Venus


Planet ini masuk ke dalam planet inferior dengan rentang orbit selama 224,7 hari. Meskipun jaraknya dengan matahari lebih jauh dibanding planet merkurius, namun planet ini dikenal dengan planet terpanas pada tata surya kita karena planet ini bermasalah pada atmosfer. Suhu permukaan planet ini bisa mencapai 400 °C. Ukuran, gaya grafitasi serta komposisi dari planet venus sangat mirip dengan planet kita (bumi) sehingga seringkali disebut dengan planet saudara bumi. Planet ini memiliki diameter lebih kurang 12.092 km, tidak memiliki satelit dan tidak pula memiliki medan magnet. Jarak antara planet venus dengan matahari adalah 108 juta km.

3. Daftar Nama & Ukuran Planet Di Sistem Tata Surya Kita Yang Ketiga Adalah Bumi


Bumi biasa dikenal dengan istilah dunia atau planet biru. Planet yang kita tempati ini mempunyai diameter lebih kurang 12,756km dengan waktu revolusi 365,2 hari. Bumi memiliki satu satelit besar yang dinamakan bulan. Dan bumi adalah satu satunya planet yang terbukti didiami oleh para makhluk hidup. Suhu terdingin hingga mencapai -88 deg.C dan suhu terpanas bisa mencapai 58 deg.C. Jarak antara planet bumi dengan matahari adalah 150 juta km.

4. Daftar Nama & Ukuran Planet Di Sistem Tata Surya Kita Yang Keempat Adalah Mars


Planet ini sering kali menjadi bahan perbincangan masyarakat, setelah dikabarkan bahwa planet ini memiliki kemungkinan adanya ciri ciri kehidupan di dalamnya. Ukuran lebih kecil dari planet kita yaitu bumi dan juga venus, yakni hanya berdiameter sekitar 6.805km. Planet yang dikenal dengan istilah planet merah ini memiliki 2 satelit yang bernama Phobos dan Deimos. Kala ritasi planet ini 25,62 jam dan berevolusi selama 687 hari. Jarak antara planet mars dengan matahari adalah 228 juta km.

5. Daftar Nama & Ukuran Planet Di Sistem Tata Surya Kita Yang Kelima Adalah Jupiter


Jupiter adalah planet terbesar yang ada pada tata surya kita dengan diameter sekitar 142.984 km. Jika diukur, maka massa planet ini 2.5 lebih besar dari massa seluruh planet (minus Yupiter) yang ada pada tata surya kita. Sebagian besar kandungan Planet Jupiter adalah hidrogen dan helium dengan suhu permukaan bisa menacapai -108 deg.C. Jumlah satelit diperkirakan ada 63 buah dengan satelit terbesar bernama Ganymede. Jarak antara planet jupiter dengan matahari adalah 779 juta km.

6. Daftar Nama & Ukuran Planet Di Sistem Tata Surya Kita Yang Keenam Adalah Saturnus


Planet saturnus disebut juga dengan palnet cincin, karena bentuknya yang menyerupai cincin. Planet ini merupakan planet dengan ukuran terbesar kedua setelah Jupiter dengan diameter lebih kurang 120.535km. Memiliki setidaknya 60 satelit termasuk Titan dan Enceladus serta 3 lagi yang masih belum bisa dipastikan. Waktu yang dibutuhkan untuk berotasi adalah 10 jam 40 menit 24 detik, dan waktu untuk berevolusi lebih kurang sekitar 29,46 tahun. Dan akan terjadi di mana matahari, bumi dan saturnus berada dalam satu garis lurus untuk tiap tiap 378 hari sekali. Jarak antara planet saturnus dengan matahari adalah 1.430 juta km.

7. Daftar Nama & Ukuran Planet Di Sistem Tata Surya Kita Yang Ketujuh Adalah Uranus


Planet ini meupakan planet terbesar ketiga setelah Jupiter dan saturnus dengan diameter lebih kurang 51.118km dan memiliki massa 14 X lebih besar daripada bumi. Waktu yang dibutuhkan planet ini untuk mengelilingi matahari lebih kurang
84, 02 tahun dan waktu berotasi hanya membutuhkan 10 jam 49 menit. Planet ini diketahui mempunyai satelit sebanyak 27 buah, lima diantaranya adalah Titania, Umbriel, Oberon, Miranda dan Ariel. Jarak antara planet uranus dengan matahari adalah 2.880 juta km.

8. Daftar Nama & Ukuran Planet Di Sistem Tata Surya Kita Yang Kedelapan Adalah Neptunus


Diameter planet ini sekitar 49.530 km, artinya planet ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan planet Uranus. Namun demikian massa planet ini 17 X lebih besar daripada bumi. Waktu yang dibutuhkan planet ini dalam mengelilingi matahari adalah 164,8 tahun dan rotasi pada porosnya hanya memerlukan 16,1 jam. Suhu permukaan planet neptunus mencapai -205ยบ C. Jumlah satelit mencapai 13 buah dengan satelit terbesar bernama triton. Jarak antara planet neptunus dengan matahari adalah 4.500 juta km.

9. Daftar Nama & Ukuran Planet Di Sistem Tata Surya Kita Yang Kesembilan Adalah Pluto


Pluto ditemukan pada tahun 1930 dan merupakan planet terkecil dengan diameter yang hanya kurang lebih 2306km saja. Karena ukurannya yang kecil inilah yang membuatnya masih kontroversial apakah layak disebut planet ataukah hanya benda langit yang mengorbit mengitari matahari saja, atau biasa disebut dengan istilah planet katai. Bukan berhenti di situ saja, Pluto yang saat ini disebut memiliki satelit berjumlah 5 buah dengan satelit terbesar bernama charon juga mengundang perdebatan, apakah charon merupakan satelit Pluto ataukah bisa dimasukkan ke dalam golongan planet katai (kerdil). Dalam berevolusi, Pluto membutuhkan kurang lebih 248 tahun, sedangkan untuk rotasi, hanya memerlukan 6,4 hari saja. Jarak antara pluto dengan matahari adalah 5.906 juta km.

Demikianlah daftar nama & ukuran planet yang ada di tata surya galaksi bima sakti. Semoga tulisan ini bermanfaat. Silakan baca artikel kami yang lain “Daftar Nama Pulau Terbesar dan Terluas Di Dunia”.

Contact Form

Name

Email *

Message *