DAFTAR NAMA PANGKAT DALAM KEPOLISIAN RI (REPUBLIK INDONESIA)

NAMA NAMA PANGKAT (KEPANGKATAN) PADA POLISI (KEPOLISIAN) RI


Bismillah...

Sebelum 1 Januari 2001, Polri masih bergabung dengan TNI dan kemudian dipisahkan dengan melalui TAP MPR No. VI/MPR/2000 tentang tentang Pemisahan TNI dan Polri serta TAP MPR NO. VII/MPR/2000 tentang Peran TNI dan Polri. Mengacu pada aturan tersebut, maka polisi mempunyai tugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakan hukum, serta melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat.

DAFTAR NAMA PANGKAT (KEPANGKATAN) PADA POLISI (KEPOLISIAN) RI


Daftar nama pangkat dalam kepolisian (polisi) Republik Indonesia (RI)

Sama dengan TNI AD, AU maupun AL, kepolisian juga memberikan penghargaan bagi anggotanya beberapa gelar kepangkatan yang bisa diraih melalui pendidikan dan jasa baiknya pada negara. Berikut nama pangkat dalam kepolisian Republik Indonesia.

Daftar Nama Kepangkatan Dalam Kepolisian RI (Republik Indonesia) Pertama Yaitu Pangkat Perwira





Perwira dalam Polri dibagi menjadi Pama, Pamen, dan Pati. Pati atau perwira tinggi memiliki 4 tingkatan, yaitu Jenderal Polisi (Jenderal Pol), Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol), Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol), dan Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol). Gelar Jenderal Pol sama kuatnya dengan Jenderal pada militer dengan pangkat 4 bintang. Sedangkan gelar yang lainnya menggunakan bintang emas pula berjumlah 1-3.

Gelar yang termasuk Pamen (perwira menengah) adalah Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol), Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), dan Komisaris Polisi (Kompol). Tanda jabatan menggunakan lambang bunga tulip berjumlah 1-3 buah. Sedangkan pada golongan Pama atau perwira pertama terdapat gelar Ajun Komisaris Polisi (AKP), Inspektur Polisi Satu (Iptu), dan Inspektur Polisi Dua (Ipda). Tanda jabatan dilambangkan dengan bentuk berwarna kuning dan jumlah dari 1-3 .

Daftar Nama Kepangkatan Dalam Kepolisian RI (Republik Indonesia) Kedua Yaitu Pangkat Bintara


Bintara dibagi menjadi 2 golongan, yaitu bintara tinggi dan bintara. Bintara tinggi meliputi Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu) dan Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda) yang menggunakan lambang seperti huruf M dengan warna abu-abu serta jumlah 1 dan 2.

Sedangkan pada bintara tinggi, gelar yang ada ialah Brigadir Polisi Kepala (Bripka), Brigadir Polisi (Brigpol), Brigadir Polisi Satu (Briptu), serta Brigadir Polisi Dua (Bripda). Keempat gelar tersebut menggunakan lambang < dengan jumlah 1 sampai 4.

Daftar Nama Kepangkatan Dalam Kepolisian RI (Republik Indonesia) Ketiga Yaitu Pangkat Tamtama


Pada tamtama terdapat 6 gelar meliputi Ajun Brigadir Polisi (Abrip), Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu), Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda), Bhayangkara Kepala (Baraka), Bhayangkara Satu (Bharatu), serta Bhayangkara Dua (Bharada).

Gelar dari Abrip sampai dengan abriptu menggunakan tanda jabatan dengan lambang < berwarna merah dari jumlah 1-3. Sedangkan untuk gelar Baraka sampai Bharada menggunakan lambang / berwarna merah dan jumlah 1 sampai 3 buah. Demikianlah nama nama kepangkatan pada tubuh Kepolisian Republik Indonesia. Semoga bermanfaat bagi anda. Anda bisa baca artikel terkait kami lainnya “Daftar Nama Pangkat Dalam TNI AU (Angkatan Udara) Republik Indonesia”.

Contact Form

Name

Email *

Message *