DAFTAR NAMA PANGKAT DALAM TNI AU (ANGKATAN UDARA) REPUBLIK INDONESIA

NAMA NAMA PANGKAT (KEPANGKATAN) DALAM TNI ANGKATAN UDARA (AU) REPUBLIK INDONESIA (RI)


Bismillah...

Bagian dari TNI yang menjaga wilayah udara Indonesia adalah TNI Angkatan Udara (AU). Moto dari TNI AU adalah Swa Bhuwana Paksa yang memiliki arti sayap pelindung tanah airku. Angkatan udara Indonesia dikomandoi oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU), yaitu Marsekal TNI Agus Supriatna di Markas Besar Angkatan Udara (MABESAU).

DAFTAR NAMA PANGKAT (KEPANGKATAN) DALAM TNI ANGKATAN UDARA (AU) REPUBLIK INDONESIA (RI)


Daftar nama pangkat dalam TNI AU (angkatan Udara) Republik Indonesia (RI)

Komando operasi dibagi menjadi 2 yaitu Komando Operasi Angkatan Udara I (Koops AU I) di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta dan Koops AU II berada di Makassar. Berbagai pangkat ada pada TNI AU, berikut ulasannya.

Daftar Nama Pangkat Dalam TNI AU (Angkatan Udara) Republik Indonesia Pertama Yakni Pangkat kehormatan





Seperti pada AD dan AL, pangkat kehormatan di AU juga menjadi yang tertinggi dengan gelar Marsekal Besar. Tanda jabatan yang digunakan adalah bintang berjumlah 5 berwarna emas.

Namun sayangnya sampai saat ini belum ada Marsekal kita yang mendapatkan gelar tersebut. Marsekal Besar sama kuatnya dengan gelar Jenderal Besar pada AD dan Laksamana Besar pada AL.

Daftar Nama Pangkat Dalam TNI AU (Angkatan Udara) Republik Indonesia Kedua Yakni Perwira


Pada Angkatan Udara, perwira digolongkan menjadi Pati (perwira tinggi), Pamen (perwira menengah), serta Pama (perwira pertama). Tingkatan pada perwira tinggi AU ialah Marsekal Pertama, Marsekal Muda, Marsekal Madya, dan Marsekal. Gelar tersebut dilambangkan dengan bintang emas berjumlah 1-4.

Lalu pada tingkat Pamen terdapat Mayor, Letnan Kolonel, dan Kolonel dengan tanda bunga tulip yang berjumlah mulai 1-3 buah di pundahknya. Tingkat pada Pama ada 3 yaitu Letnan Dua, Letnan Satu dan Kapten yang menggunakan tanda persegi (balok) pada pundaknya yang berjumlah mulai 1-3.

Daftar Nama Pangkat Dalam TNI AU (Angkatan Udara) Republik Indonesia Ketiga Yakni Bintara


Bintara tinggi pada TNI AU meliputi gelar Pembantu Letnan Dua dan Pembantu Letnan Satu. Gelar tersebut pernah dilambangkan dengan bentuk menyerupai huruf M dan bunga tulip di atasnya (jumlah ada 1 dan 2) pada tanda jabatannya.

Sedangkan tingkat pada bintara ada Sersan Dua, Sersan Satu, Sersan Kepala, dan Sersan Mayor. Si penerima gelar akan mengguunakan tanda jabatan dengan tanda V yang berjumlah mulai dari 1-4.

Daftar Nama Pangkat Dalam TNI AU (Angkatan Udara) Republik Indonesia Keempat Yakni Tamtama


Tingkatan tamtama pada AU dibagi menjadi 2, yaitu tamtama kepala serta tamtama. Golongan kepala meliputi pangkat Kopral Dua, Kopral Satu, serta Kopral Kepala yang menggunakan tanda jabatan berlambang V berjumlah mulai 1-3 buah.

Golongan tamtama memiliki 3 kepangkatan, yaitu Prajurit Dua, Prajurit Satu, dan Prajurit Kepala. Lambang yang digunakan pada tanda gelar adalah bentuk persegi (balok) dengan jumlah dari 1-3 buah.

Itulah nama nama pangkat yang ada di tubuh TNI Angkatan Udara (AU) Republik Indonesia. Semoga bermanfaat. Silakan baca artikel terkait kami lainnya “Daftar Nama Pangkat Dalam TNI AL (Angkatan Laut) Republik Indonesia”.

Contact Form

Name

Email *

Message *